Info Delegasi
Pengadilan Tinggi
Logo Pengadilan Negeri Trenggalek

Mahkamah Agung Republik Indonesia

Pengadilan Negeri Trenggalek

Jl. Dewi Sartika No. 1 Trenggalek Telepon/Fax: 0355 - 791105

email : pn_galek@yahoo.com

SIPPE-CourtSIWASE-TILANGEraterang


Sosialisasi Penggunaan Alat Pemadam Kebakaran ringan dan Simulasi Tindakan Bila Terjadi Kebakaran di Pengadilan Negeri Trenggalek

Bertempat di Ruang Sidang Utama Pengadilan Negeri Trenggalek pada hari Jumat tanggal 11 November 2016. Pengadilan Negeri Trenggalek Mengadakan Sosialisasi Penggunaan Alat Pemadam Kebakaran dan Simulasi Tindakan Bila Terjadi Kebakaran di Pengadilan Negeri Trenggalek, acara ini diselenggarakan dalam rangka Akreditasi Penjamin Mutu khususnya memenuhi persyaratan management resiko yang harus dilakukan disetiap Satker.

Acara ini dihadiri dan dibuka oleh Ketua Pengadilan Negeri Trenggalek Bapak Bambang Nurcahyono, SH., M.Hum. Dan dihadiri oleh Wakil Ketua Pengadilan Negeri Trenggalek Bapak Joko Saptono, SH. para Hakim, pejabat struktural dan fungsional dan seluruh warga Pengadilan Negeri Trenggalek.

Dalam pemaparan Materi yang diberikan yaitu tentang perlunya pencegahan dan penanggulangan bahaya kebakaran yang disampaikan oleh narasumber PMK Kabupaten Trenggalek yaitu meliputi pengenalan instalasi listrik, kompor dan tabung gas, unsur-unsur pembentuk api (Segitiga api). Api adalah salah satu bentuk hasil reaksi kimia yang akan terbentuk jika ketiga unsur ini muncul pada titik yang sama, yaitu : udara, panas dan bahan bakar dan macam-macam alat pemadam kebakaran. juga dilatih cara-cara pemadaman api, mulai dengan peralatan sederhana terdekat, seperti karung basah hingga penggunaan tabung pemadam api.

Dengan hal tersebut untuk menciptakan lingkungan yang aman, berarti juga lingkungan harus mempersiapkan diri jika terjadi kebakaran. Lingkungan sekitar perlu dirapikan sehingga apabila ada kondisi darurat dengan mudah dicapai oleh mobil pemadam kebakaran, harus ada alat pemadam kebakaran di setiap rumah dan kantor, apabila ada hydrant disekitar perlu dicek apakah masih berfungsi. Kebakaran adalah api yang tidak dapat dikendalikan sehingga menimbulkan malapetaka bagi manusia dan alam seisinya. Pada setiap kejadian kebakaran pasti ditemukan kerugian, baik kerugian langsung seperti hilangnya nyawa, kerusakan barang / materi, maupun kerugian tidak langsung seperti waktu, pikiran dan lain-lain. Kebakaran merupakan salah satu musibah, dan pasti memiliki suatu penyebab. Untuk dapat mencegah terjadinya kebakaran terlebih dahulu kita harus mengetahui bagaimana kebakaran itu terjadi, tentunya dengan mengetahui unsur-unsur apa yang membentuk api, penyebab kebakaran, macam kebakaran, faktor-faktor terjadinya kebakaran, hal-hal yang mendukung penyebaran api, dan bagian – bagian apa saja yang rawan akan terjadi bahaya kebakaran.

Selanjutnya dilakukan pelatihan Simulasi Kebakaran dan Penanganan Kebakaran yang dilaksanakan di lapangan kantor Pengadilan Negeri Trenggalek dengan praktek pemadaman api menggunakan peralatan sederhana terdekat, seperti karung basah, menggunakan peralatan Alat Pemadam Api Ringan (APAR), dan Menggunakan cara penggunaan berbagai peralatan pada Mobil Pemadam Kebakaran seperti penggunaan host selang pemadam dengan tata cara teknik penggunaannya.

Lat Damkar 1

"Seluruh Warga Pengadilan Negeri Trenggalek Berfoto Bersama disamping Mobil Pemadam Kebakaran"

Lat Damkar 2

"Ketua Pengadilan Negeri Trenggalek Bapak Bambang Nurcahyono, SH., M.Hum Membuka Acara Sosialisasi Penggunaan Alat Pemadam Kebakaran Di Pengadilan Negeri Trenggalek "

Lat Damkar 3

"Antusias Warga Pengadilan Negeri Trenggalek dan Anggota Pemadam Kebakaran yang memberikan Materi Acara Sosialisasi Penggunaan Alat Pemadam Kebakaran Di Pengadilan Negeri Trenggalek "

Lat Damkar 4

"Simulasi Kebakaran di Pengadilan Negeri Trenggalek dengan Skenario seolah-olah ada korban terjebak"

Lat Damkar 5

"Simulasi Kebakaran di Pengadilan Negeri Trenggalek dan contoh pemadaman menggunakan Mobil Pemadam Kebakaran"

Lat Damkar 6

"Simulasi Kebakaran di Pengadilan Negeri Trenggalek dan contoh pemadaman menggunakan Kain sebelum dibasahi"

Lat Damkar 7

"Simulasi Kebakaran di Pengadilan Negeri Trenggalek dan contoh pemadaman menggunakan Kain basah oleh anggota Pemadam Kebakaran"

Lat Damkar 8

"Simulasi Kebakaran di Pengadilan Negeri Trenggalek dan contoh pemadaman menggunakan Kain basah diperagakan oleh ibu-ibu dibantu anggota Pemadam Kebakaran"

Lat Damkar 9

"Simulasi Kebakaran di Pengadilan Negeri Trenggalek dan contoh pemadaman menggunakan APAR Diperagakan Oleh Ketua Pengadilan Negeri Trenggalek Bapak Bambang Nurcahyono, SH., M.Hum"


Sistem Informasi Penelusuran Perkara

SIPPAplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.

Lebih Lanjut

Pencarian Dokumen Putusan di Direktori Putusan Mahkamah Agung

DirPutPencarian cepat Dokumen Putusan di Database Direktori Putusan Mahkamah Agung Agung Republik Indonesia

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi

DJIHPencarian cepat peraturan dan kebijakan dalam Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Mahkamah Agung Republik Indonesia

 


Pelayanan Prima, Putusan Berkualitas